Menghadapi persaingan di Jagad Maya

>> Sunday, January 11, 2009

Bisnis online internet semakin booming dan melahirkan banyak pemain-pemain baru, saat ini ada jutaan lebih website di internet. Ini bisa berarti peluang baru yang harus terus kita gali atau juga berarti persaingan dalam usaha online semakin berat dan ketat. Tetapi kondisi ini masih bisa kita siasati dengan beberapa tips berikut agar usaha online kita tetap bisa bertahan .

• Site Content yang menarik dan bermanfaat.
Kekuatan utama dari sebuah Website terutama yang berformat Weblog adalah content text yang unik dan menarik. Unik dalam hal ini, content tersebut hanya di miliki oleh situs kita dan yang paling utama informasi content yang kita sajikan bermanfaat dan memenuhi kebutuhan dari pengunjung. Kalau sudah demikian, efek domino akan kita rasakan, dimana website kita akan direferensikan oleh pengunjung tersebut kepada rekan-rekannya yang lain.

• Rajin-rajin Update content.
Jangan pernah kita membiarkan pengunjung kita bosan dengan isi website kita yang berisi informasi yang tidak dinamis. Sajikan kepada mereka atau member anda content yang selalu segar, sehingga mereka akan kembali ke website anda untuk membaca content anda. Website yang up to date juga sangat disenangi oleh Search Engine ( baca SEO ), ini sangat bermanfaat untuk situs kita dalam mengundang organic traffic yang menurut penelitian merupakan penyumbang 90% traffic bagi suatu situs dan dapat meningkat kan PR website kita .

• Tetap fokus pada tujuan kita.(Fokus)
Pada saat kita merencanakan usaha online kita, pastikan tujuan yang ingin kita capai melalui bisnis ini terukur dan dapat kita raih. Mungkin kita akan mengalami banyak tantangan di perjalanan, seperti sepi pengunjung pada saat-saat awal, kesulitan melakukan promosi dan sebagainya. Jangan patah semangat, tetaplah fokus pada apa yang telah kita rencanakan karena dunia internet tidak akan pernah sepi dengan pengunjung baru.

• Continous Learning and Keep Up to Date.(Belajar)
Internet adalah dunia yang paling dinamis, perubahan yang terjadi di dunia maya sangat cepat. Untuk dapat menyesuaikan dengan kecepatan ini kita harus terus belajar. Internet itu sendiri menyediakan resources dan banyak peluang baru yang harus kita gali agar tidak kalah oleh pesaing kita. Bahkan kita harus belajar dari para pesaing kita, karena seseorang akan menjadi bodoh saat kita tersebut berhenti belajar. Pelajarilah apa yang ada pada website lain yang tidak ada dalam website kita dan terapkan pada website kita dengan melakuan beberapa modifikasi yang tentunya menyebabkan website kita menjadi unik dan menarik.

0 comments:

About This Blog

Lorem Ipsum

Back to TOP